Selena Gomez Jalani Tranplantasi Ginjal

Selena Gomez baru saja menjalani transplantasi ginjal akibat penyakit lupus. Apa yang terjadi?

Penyanyi dan aktris cantik asal Amerika Serikat, Selena Gomez, selama ini selalu tampil bugar dan energik. Siapa sangka ternyata Selena mengalami gagal ginjal akibat penyakit lupus dan baru saja mengalami transplantasi ginjal.

Selena Gomez terserang penyakit lupus, salah satu penyakit autoimun, sejak bulan Oktober 2015. Penyakit ini menyebabkan komplikasi pada ginjalnya, sehingga fungsi ginjal Selena sangat menurun.

Pada bulan Mei 2017 lalu, dokter menyatakan bahwa penyakit ginjal yang dialami Gomez sudah memasuki stadium akhir, ginjalnya sudah tak berfungsi dan harus menjalani transplantai ginjal. Beruntung, teman baiknya –Francia Raisa, bersedia mendonorkan ginjalnya bagi Selena Gomez.

Untuk dapat melakukan transplantasi ginjal, dibutuhkan orang yang bersedia mendonorkan ginjalnya. Namun tak hanya sesederhana itu. Dibutuhkan serangkaian pemeriksaan pada pasien dan calon pendonor untuk mengetahui apakah ginjal calon pendonor cocok dan dapat diterima oleh tubuh pasien (pemeriksaan crossmatch).

Selain itu, calon pendonor pun memerlukan pemeriksaan kesehatan yang detil untuk memastikan bahwa setelah mendonorkan satu ginjalnya, ia tetap dapat hidup dengan sehat.

Bila sudah ditemukan kecocokan dengan ginjal donor, prosedur berikutnya adalah operasi pengangkatan ginjal dari tubuh pendonor, kemudian dicangkokkan ke tubuh penderita gagal ginjal.

Tak berhenti sampai di situ, setelah operasi dilakukan, orang yang telah menerima ginjal, harus mengonsumsi obat-obatan agar tubuhnya dapat menerima ginjal baru dengan baik. Pengobatan ini memiliki efek samping menurunkan daya tahan tubuh.

Pada umumnya, setelah menjalani transplantasi ginjal, aktivitas penerima ginjal sangat dibatasi. Mereka pun tidak diperkenankan terlalu sering keluar rumah selama beberapa bulan agar tak terserang infeksi kuman penyakit.

Saat ini Selena Gomez tengah menjalani pemulihan setelah operasi transplantasi ginjalyang dilakukan. Mari berharap Selena lekas pulih dan kembali berkarya dalam dunia seni.

(RH)

Dapatkan informasi kesehatan
di inbox mu

Ayo berlangganan dan dapatkan berbagai informasi menarik dari kami

Terima kasih telah berlangganan

Maaf terjadi kesalahan

Add Your Comment

Dapatkan informasi kesehatan
di inbox mu

Ayo berlangganan dan dapatkan berbagai informasi menarik dari kami

Terima kasih telah berlangganan

Maaf terjadi kesalahan